Dukungan untuk Akses Sanitasi Layak di Indonesia

Urban Sanitation Development Program (USDP) adalah proyek bantuan teknis yang berada dalam program

Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP).

USDP berperan dalam memfasilitasi dan memperkuat institusi-institusi pemerintah di tingkat nasional, provinsi dan, secara tidak langsung di kabupaten/kota, yang terlibat dalam implementasi program PPSP.

Didanai oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda, USDP mendukung lebih dari 400 kabupaten/kota di Indonesia dengan layanan teknis, kelembagaan dan yang terkait dengan kesehatan.

 


TUJUAN

Tujuan utama USDP adalah untuk memfasilitasi dan membantu pelaksanaan PPSP.

Tujuan khususnya adalah untuk:

PENINGKATAN KAPASITAS

Meningkatkan kapasitas PMU dan PIU yang bertanggung‐jawab atas pelaksanaan PPSP, dalam mengelola pembangunan sektor ini secara efektif bersama pemangku kepentingan di tingkat provinsi dan lokal;

KONSOLIDASI PERENCANAAN DAN DUKUNGAN IMPLEMENTASI

Mengonsolidasikan pendekatan SSK yang dipakai kota dan fasilitator pemerintah di seluruh Indonesia, sambil memastikan bahwa SSK juga membicarakan kebutuhan warga miskin dan tersisihkan; dan

PENDAMPINGAN TEKNIS

Konsultan USDP membantu menyediakan pendampingan teknis kepada PMU dan PIU untuk menguatkan kapasitas dalam mendukung Provinsi dan Kabupaten/Kota merencanakan dan mengimplementasikan pembangunan sanitasi.


  • "Support dari USDP sangat terasa di beberapa kegiatan kepala daerah kabupaten/kota yang ikut PPSP. Para Bupati dan Walikota yang tergabung dalam AKKOPSI (Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi) juga mendapat banyak pendampingan, terutama untuk memahami isu-isu strategis dalam upaya penyediaan layanan dasar bagi masyarakat. USDP mampu membangun dan memfasilitasi berbagai forum informal antar kepala daerah dalam suasana kekeluargaan tanpa mengurangi substansi kebijakan yang diadvokasikan"

    Illiza Sa'aduddin Jamal, S.E., Walikota Banda Aceh/Pengurus AKKOPSI 2013-2017 - Ketua Bidang Advokasi

  • “Pada City Sanitation Summit ke XIV di Kota Bandung (2014), AKKOPSI (Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi) memberikan penghargaan khusus kepada USDP sebagai “The Best Partner” dalam mendampingi AKKOPSI untuk mendorong kesuksesan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). Dari awal berdirinya AKKOPSI yang diprakarsai oleh 12 walikota, hingga kini AKKOPSI sudah beranggotakan 348 Bupati/Walikota. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan  para konsultan ahli USDP”

    Josrizal Zain, Direktur Eksekutif AKKOPSI /Walikota Payakumbuh 2002 - 2012